Keindahan Pesona Alam Riung

Diposting oleh Label: di
Keindahan Pesona Alam Riung

Riung menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan yang datang berkunjung ke Kabupaten Ngada, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Karena di Riung memiliki panorama alam 17 pulau, hamparan pasir putih, pesona terumbu karang, taman laut, air terjun alami, binatang Mbou (Biawak) dan burung kelelawar.

Selain obyek wisata alam, Riung juga menyimpan aset wisata budaya seperti, caci tinju tradisional (Mbeletado)dan tenun ikat. Rumah warga dengan model rumah panggung di wilayah bibir pantai menjadi daya tarik tersendiri. Wisatawan bisa berjemur di pantai pasir pada sore hari sambil menikmati angin sepoi dari arah laut serta menyaksikan matahari terbenam dibalik awan.

Riung berada di wilayah pantai utara Ngada dengan jarak 80 kilometer dari Kota Bajawa. Lama perjalanan mencapai tiga jam bila menggunakan kendaraan roda empat. Transportasi umum ke Riung juga cukup lancar setiap hari. Sebagian besar jalan sudah berhotmix. Jalan Bajawa-Riung masuk dalam kategori ruas jalan provinsi terpanjang di Kabupaten Ngada dengan rute, Bajawa-Soa-Poma-Wangka-Riung. Kondisi jalan yang masih rusak terlihat di wilayah Wangka.

Tingkat kunjungan wisatawan ke Riung setiap tahun terus meningkat. Riung sangat dikenal dunia luar sehingga setiap kali event pariwisata, Riung menjadi salah satu titik destinasi, seperti Sail Indonesia, Sail Komodo dan kemungkinan tour de Flores yang akan berlangsung Mei mendatang.

Wisatawan yang hendak mengunjungi destinasi Riung membutuhkan waktu wisata lebih dari satu hari. Karena banyak obyek wisata menarik yang harus dinikmati dan tidak cukup dalam waktu sehari. Wisatawan juga tidak perlu khawatir untuk berlama-lama di Riung karena didukung beberapa fasilitas seperti penginapan, rumah makan, kafe dan listrik sudah tersedia. Sinyal juga mendukung para wisatawan untuk mengakses internet.

Para pelaku usaha pariwisata di Riung juga menyediakan jasa transportasi perahu motor bagi wisatawan yang ingin mengeliling sejumlah pulau. Fasilitas dermaga untuk tambatan perahu sudah dibangun dan ditata dengan rapih. (teni jenahas).
Posting Komentar

Back to Top