AIr Panas Mengeruda, Ngada

Diposting oleh Label: di
Air Panas Soa Tetap Obyek Fovorit

Air Panas Mengeruda yang terletak di Desa Mengeruda, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada, Provinsi NTT masih menjadi obyek wisata favorit bagi wisatawan dan pengunjung yang datang di Kabupaten Ngada. Kelebihan Air Panas Soa adalah wisatawan tidak sekedar melihat dan menyaksikan air panas, tetapi juga bisa untuk mandi. Suhu airnya tidak terlalu panas. Retribusi masuk lokasi juga terjangkau sebesar Rp 4.000 per orang.

Selain itu, jarak dari Kota Bajawa ke Air Panas Mengeruda lebih dekat dibandingkan obyek yang lain, akses jalan cukup bagus dan sudah memiliki dua jalur alternatif. Pertama jalur Bajawa-Naru-Inelika-Bouwa-Soa-
Mengeruda. Jalur ini sekitar 25 kilomter dengan jarak tempuh 30-40 menit dengan kendaraan roda dua dan empat. Jalur kedua dari Kota Bajawa-Waebetu-Ledi-Loa-Mengeruda dengan jarak sekitar 15 kilometer dan jarak tempuh sekitar 15-20 menit. Kondisi jalan menuju Air Panas Mengeruda sudah berhotmix.

Air Panas Mengeruda sangat cocok sebagai tempat bertamasyah pada hari liburan. Di sana, anda bisa mandi, berenang, bermain bola, ayunan dan aktivitas lainnya. Lokasi wisata cukup luas sehingga pengunjung lebih leluasa untuk beraktivitas wisata. Sarana dan pra sarana pendukung pun cukup memadai, seperti areal parkir, ruang tunggu, toilet, ruang ganti. Di luar lokasi wisata terdapat sejumlah kios dan kantin yang menyediakan berbagai jenis barang kebutuhan para pengunjung.

Satu hal menarik di lokasi wisata ini adalah terdapat kali kecil berair dingin di bagian utara dari kolam utama air panas. Pengunjung bisa mandi dengan pilihan tempat bervariasi. Bisa di kolam utama tempat air panas muncul dari dalam tanah. Kemudian di bagian saluran pembuangan air panas ke kali air dingin dan juga di kolam yang dirancang khusus untuk aktivitas berenang. Bila pengunjung yang sekedar melatih berenang bisa menikmati kolam renang persis di bagian paling timur dari kolam utama. Ketika puas mandi air panas, anda bisa berpindah ke kali tempat air dingin yang masih dalam lokasi wisata.

Para pengunjung biasanya mandi air panas sekedar memanjakan badan, setelah puas di air panas langsung berpindah ke air dingin sekaligus menutup aktivitas mandinya. Ke lokasi Air Panas juga ada transportasi lokal mikrolet namun tidak begitu lancar. Sebaiknya pengunjung menggunakan kendaraan pribadi atau rental agar anda bisa mengatur waktu sendiri dan bisa menikmati air panas lebih lama.

Air Panas Mengeruda menjadi obyek unggulan Kabupaten Ngada dengan tingkat kunjungan paling tinggi setiap tahun dibandingkan obyek wisata lainnya. Tingkat kunjungan di Air Panas Mengeruda setiap hari melebih dari 100 orang dan yang paling melonjak terjadi pada hari libur. (teni jenahas).
Posting Komentar

Back to Top