Air Terjun Ogi

Diposting oleh Label: di
 
 
 
Air Terjun Ogi

Sekitar pukul 09.00 Wita, saya meluncur ke arah timur Kota Bajawa menggunakan sepeda motor menuju sebuah tempat yang dinamakan Ogi. Dari Bajawa sekitar delapan kilometer yang ditempuh dengan waktu 20-30 menit. Jalannya menurun, sedikit sempit dan banyak pepohonan di pinggir jalan yang belum dibersihkan. Namun badan jalannya cukup bagus karena semuanya sudah dihotmix.

Hanya saja sekitar 500 meter dari jalan utama menuju lokasi air terjun belum ditata dengan baik. Jalan itu hanya bisa dilintasi sepeda motor. Namun, pada musim hujan hanya bisa jalan kaki menuju lokasi, karena jalannya berlumpur.

Ogi merupakan daerah persawahan dan sumber sayur-sayuran bagi warga Kota Bajawa serta daerah pengembangan ikan air tawar. Selain potensi itu, Ogi juga dikenal dengan obyek wisata air terjun setinggi sekitar 50 meter. Air terjun Ogi merupakan satu-satunya obyek wisata air terjun tertinggi di Kabupaten Ngada yang memiliki keindahan tersendiri. Airnya cukup jernih dan menarik untuk dilihat gulungan air saat terjun dari ketinggian 50 meter. Di bawanya ada kolam berukuran sekitar 50 meter persegi yang bisa dijadikan tempat mandi. Panorama sekelingnya cukup indah yang merupakan tebing batu yang dibalut rumput-rumput halus.  Jika ditata dengan baik, Ogi menjadi obyek wisata air terjun yang favorit di Ngada. Karena selain tempat mandi, lokasi sekitar Ogi juga bisa me menjadi tempat untuk foto prewedding bagi pasangan yang baru nikah.  Sekitar 100 meter ke arah Timur dari lokasi air terjun terdapat areal persawahan milik warga yang sumber airnya diambil dari kolam di lokasi air terjun. (teni jenahas).
Posting Komentar

Back to Top