Menikmati Suhu Air Panas Malanage

Diposting oleh Label: di
 
  
 
Menikmati Suhu Air Panas Malanage

Bagi wisatawan yang ingin merasakan mandi air panas alami tidak perlu ragu ketika berkunjung di Kabupaten Ngada. Ada dua pilihan. Selain air panas Mengeruda di Soa, ada lagi air panas Malanage di Kecamatan Jerebu'u, sekitar 30 kilometer dari Kota Bajawa.

Memang lokasi Air Panas Malanage tidak terlalu familiar seperti Air Panas Mengeruda. Biasanya, wisatawan menyinggahi tempat ini setelah berkunjung di beberapa kampung adat, seperti Kampung Nage.

Dari Kantor Camat Jerebu sekitar dua kilometer menuju air panas Malanage. Jalan sudah berhotmix sampai ke Malanage, bahkan sudah lewat Kampung Nage. Bagi pengunjung baru tidak sulit menemukan tempat ini, karena letaknya di pinggir jalan.

Setiba di Jembatan Waebana pengunjung bisa berhenti dan memarkir kendaaran di bagian kanan jalan, persis di ujung jembatan. Warga sudah menata tempat parkir kendaraan. Untuk kendaraan roda dua bisa menampung 10 unit, sedangkan roda empat hanya bisa parkir satu unit.

Maju 10 langka dari tempat parkir, pengunjung bisa melihat papan nama bertuliskan "Welcome to Spring Water Malanage". Hanya 35 meter ke arah selatan jalan raya, sudah terlihat  kolam mandi air panas Malanage. Dari jalan raya melewati kebun kopi dan cacao milik petani. Ada bekas jalan masuk hanya khusus kendaaraan roda dua.

Pengunjung bisa merendam, kaki dan badan di dua titik pertemuan sungai yaitu, sungai Waeora berair dingin dan Waebana berair panas. Dari pertemuan dua sumber air yang suhu berbeda itu mengalir satu arah sehingga membuat air menjadi hangat.
Kondisi alamnya masih sangat alami dan sejuk karena ada pepohonan di sekitar. Hanya sedikit sempit untuk tempat mandi, apabila kebanyakan orang yang datang. Di pinggir sungai yang ada kebun, warga membangun bale-bale dari pelupu untuk tempat istrahat para pengunjung setelah mandi.

Di lokasi wisata ini, tidak ada retribusi masuk. Belum ada pos penjagaan untuk menagih retribusi. Semua pengunjung boleh masuk tanpa biaya alias gratis. (teni jenahas).
Posting Komentar

Back to Top