Pantai Waebela

Diposting oleh Label: di

Menikmati Keindahan Pantai Waebela

PANTAI Waebela, di Kecamatan Inerie, Kabupaten Ngada, NTT terbentang luas sejauh mata memandang. Aset wisata bahari yang belum dijamah ini sangat cocok untuk mandi karena pukulan gelombang tidak terlalu deras dan bersih.

Pantai Waebela berada di belakang rumah-rumah penduduk dan Pasar Waebela. Pantai ini bukan pantai pasir, namun bagus untuk mandi. Di ujung garis pantai, terdapat kumpulan batu bulat kecil yang menjadi daya tarik tersendiri. Kondisinya juga bersih. Meski dekat dengan permukiman penduduk dan pasar, namun tidak ditemukan sampah plastik bekas berserakan di pantai ini. Hanya ada helai-helai daun kering yang jatuh dari pepohonan yang tumbuh di sekitar pantai.

Wisatawan juga bisa menyaksikan keindahan pohon kelapa yang tumbuh berjejer di sepanjang pantai itu dan fakta itu menjadi cirikhas tersendiri dengan pantai yang lain di Kabupaten Ngada. Bagi pengunjung yang habis mamanjakan badan di air laut bisa berteduh di bawah pohon kelapa yang rindang. 



Bisa juga di bawa pohon pinus, waru dan pepohonan lain yang tumbuh di bibir pantai sambil memandang laut lepas dan perahu motor nelayan yang sementara berlabu. Hembusan angin sepoi di sepanjang pantai bisa memikat anda untuk betah atau tidak segera meninggalkan pantai itu.
Menuju ke pantai Waebela bisa melalui dua jalur. Pertama, melalui Aimere dan kedua melewati jalur Jerebu'u. Lewat jalur Aimere memang cukup jauh dengan jarak sekitar 50 kilometer dari Kota Bajawa dan membutuhkan waktu dua jam perjalanan. Namun kondisi jalan jauh lebih bagus dibandingkan melewati Jerebu'u. Dari jalur Aimere  banyak menemukan pemandangan indah, karena menyisir pantai selatan mulai dari Foa, Paupaga, Legelapu, Warupele, Kelitei hingga Waebela. Kondisi jalan berhotmix dan banyak jalan lurus serta rata. Nyaris tak ada jurang terjal menuju pantai Waebela bila perjalanan anda dari arah Aimere. Sepanjang kiri-kanan jalan anda bisa menyaksikan kebun kelapa, pisang, jambu mente dan mangga.

Sedangkan di jalur Jerebu'u, secara topografi terlihat dekat karena jalur ini langsung memotong arah tengah dari Kota Bajawa menuju Jerebu'u sehingga memperpendek jarak tempuh. Lama perjalanan sekitar satu jam setengah jam atau lebih cepat 30 menit dari jalur Bajawa-Aimere-Wabela.

Dari Bajawa hingga Jerebu'u jalan berhotmix. Sebelum masuk Pasar Jerebu'u, serong kanan masuk Gurusina, Manubhara, Tiwurana hingga Waebela jalannya lapen dan sedikit sempit. Ada beberapa titik jalan sudah rusak yang membuat perjalanan anda kurang nyaman. Di jalur Bajawa-Jerebu'u-Waebela, anda melewati jalan yang menurun curam dan juga mendaki tajam. Sikap kehati-hatian selama perjalanan sangat dituntut. Meski perjalan menuju pantai Waebela cukup jauh dan melelahkan namun bisa terbayar oleh keindahan dan keelokkan pantai tersebut.

Pantai Waebela belum banyak dikenal orang dan wisatawan. Pantai ini tidak pernah menjadi daerah kunjungan utama bagi wisatawan yang datang ke Ngada. Bisa saja, karena sarana pendukung seperti, penginapan, rumah makan, MCK yang belum tersedia menjadi alasan mendasar bagi wisatawan.

Wilayah Inerie memang kaya akan aset wisata bahari yang indah dan elok. Bentangan pantai cukup panjang mencapai puluhan kilometer dengan keunikan masing-masing. Ada pantai pasir halus, pantai pasir putih seperti Enabhara, pantai yang hanya bebatuan di Waebela dan masih banyak keunikan lainnya yang tersimpan di bumi Inerie.

Semua keindahan dan keelokan alam ini diberikan gratis bagi para pengunjung. Pemerintah belum mengelolahnya secara optimal sehingga masuk wilayah pantai ini tanpa dipungut biaya. Pengunjung hanya diharapkan untuk menjaga kebersihan pantai serta tidak melakukan aktivitas yang merusak alam pantai. (teni jenahas).
Posting Komentar

Back to Top